Saturday, May 18, 2013

5 Rubik Terunik

Kubus Rubik’s adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, ErnÅ‘ Rubik.  Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 26 bagian kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika terselesaikan/terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.
Kubus ini dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada Mei 1980. Rubik’s tercatat sebagain mainan yang paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik’s, termasuk imitasinya. Dan inilah 5 rubik kreatif di dunia:

 1. Kubus Rubik Orang Buta (Blind Man Rubik’s Cube)
Cara bermain dari rubik ini sama seperti rubik sebelumnya. Apa yang membuat seseorang membuat versi lain dari rubik ini? rubik ini memiliki enam material yang berbeda yang semua sisi memiliki tekstur yang sangat unik : logam, kayu, tekstil, batu karet dan plastik. Rubik ini dapat dimainkan seperti biasanya tetapi bagaimana jika seseorang memainkannya dengan menutup mata?

rubikblind 5 Kubus Rubik/Rubiks Cube Kreatif (I)
Kubus Rubik Orang Buta (Sumber: oddee.com)

2. Kubus Rubik Pemutar Mp3 (Rubik’s Cube Mp3 Player)
Ide unik ini milik desainer Hee Yong. Satau-satunya cara untuk mengaktifkan pemutar mp3 ini mirip dengan bermain dengan teka-teki kubus rubiks,dengan memecahkan setiap lapisan memiliki fungsi tertentu seperti play, pause, maju atau mundur. Satu-satunya cara untuk mematikan player ini adalah dengan menyelesaikan teka-tekinya. Maka bukan hanya mendengarkan Mp3 saja akan tetapi penggunanya bisa mendengarkan mp3 sambil bersenang-senang.

rubikmp3 5 Kubus Rubik/Rubiks Cube Kreatif (I)
Kubus Rubik Pemutar Mp3 (Sumber: oddee.com)

 3. Pertamix, Kubus Rubik Tersulit di dunia
Bagi siapapun yang berpendapat kubus rubik tradisional cukup mudah, mereka harus mencoba rubik satu ini. Ada 975 bagian individual, tidak termasuk 1.212 stiker yang masing-masing harus ditempelkan secara manual. Desainer Jason Smith menghabiskan waktu sekitar 75 jam kerja untuk membangun rubik ini dari nol yaitu memasang bagian individual dan menempelkan stiker. Sekarang bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan teki-tekinya.

pertamix 5 Kubus Rubik/Rubiks Cube Kreatif (I)
Pertamix (Sumber: oddee.com)

 4. Kubus Rubik Pantone (Pantone Rubik’s Cube)
Biasanya seseorang akan kebingungan ketika mencari warna pilihan untuk tembok rumahnya, Rubitone bisa membantu seseorang dengan mudah membantu seseorang dalam menilai pilihan warna bahkan seseorang yang buta terhadap seni. Tidak seperi rubik biasanya, Rubitone dibuat untuk menghiasai ruangan agar ruangan terlihat lebih menarik atau lebih hidup.

pantone rubiks 5 Kubus Rubik/Rubiks Cube Kreatif (I)
Kubus Rubik Pantone (Sumber: oddee.com)

5. Sudokube
Rubik yang satu ini adalah gabungan dari permainan Sudoku dan kubus rubik. Pemain sudokube bisa dibuat bingung dan benar-benar diperas otaknya untuk memecahkan teka-teki dari rubik tersebut, dimana  permainan ini menggabungkan teka-teki dari rubik dan alogaritma matematika permainan Sudoku. Dan jika Anda kebetulan penggemar keduanya, maka Sudokube adalah pilihannya. (**)

Sudokube 5 Kubus Rubik/Rubiks Cube Kreatif (I)
Sudokube

0 comments: